Pages

Senin, 20 April 2015

Harga Batu Akik Kalimaya Asli

Batu Akik Kalimaya - Batu Kalimaya merupaka batu yang berasal dari Banten, batu yang memiliki corak warah bening dan terdapat warna seperti pelangi didalam batu akik kalimaya ini. Keunikan batu ini menjadi alasan kolektor untuk memilikinya.


Harga batu yang berasal dari Banten ini bisa mencapai puluhan juta rupiah untuk kuwalitas terbaiknya. Di pasaran internasionla batu ini disebut Black Opal dengan harga sangat tinggi, tidak heran juga para kolektor manca negara tergila-gila akan keindahan batu ini.

jenis batu kalimaya ini bermacam-macam sesuai dengan motif corak yang terdapat pada batu tersebut namanya pun bervariasi seperti black oval, kalimaya susu, kalimaya kembang, bahkan ada yang memberi nama aneh-aneh tergantung corak dan warnanya.

Bagaimana cara membedakan batu kalimaya yang memiliki kualitas bagus dan bukan batuan buatan (sintetis), banyak cara untuk membedakan batu kalimaya palsu dan asli bisa kita lihat juga dari warna yang mudah berubah saat terkena minyak atau cat. Batuan alam memiliki daya tahan terhadap penetrasi bahan kimia misalnya cat tidak akan menempel di batu kalimaya asli.

Sifat Batu Kalimaya Asli

Ada hal penting yang harus kita perhatikan untuk mencoba melihat keistimewaan ciri-ciri kalimaya (opal) dengan cara cepat agar bisa membedakan batuan asli dan batuan buatan (palsu).

Pembakaran, batu kalimaya tahan terhadap api dan cepat dingin untuk membutikanya bisa dilakukan dengan menggunkan korek api.
Kotoran, sifat batuan berharga adalah tahan terhadap bahan kimia misalnya cat atau minyak untuk pembuktian bisa menggunakan cat yang ditempelkan di batu kalimaya maka jika diusap tidak akan menimbulkan bekas.
Serat Batu, batuan buatan yang terbuat dari bahan sintetis palsu tidak memiliki serat sehingga bila kita lihat sangat bening.
Berat Batu, karakteristik kalimaya memiliki berat namun untuk ciri-ciri batu palsu tidak meimiliki berat sehingga terasa ringan.

Bisa sangat mudah membedakan Ciri-Ciri Batu Kalimaya Asli  ? Cara membuktikan produk asli diatas adalah dengan analisa singkat, untuk lebih lanjut kita bisa langsung ke laboratrorium khusus yang bisa melihat kandungan zat dalam batuan alam. Harga batu kalimaya yang sesuai dengan ciri-ciri di atas berkisar antara 50 ribu hingga 15 juta rupiah untuk 1 buah mata cincin biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar